Analisis Faktor Time Perception, Perceived Influence, Dan Perceived Social Value Terhadap Startup Intention Pada Mahasiswa

Penulis

  • Farid Yoga Purnama Universitas Brawijaya, Malang
  • Yusi Tyroni Mursityo Universitas Brawijaya, Malang
  • Prima Zulvarina Universitas Brawijaya, Malang

DOI:

https://doi.org/10.25126/justsi.v4i2.175

Kata Kunci:

startup intention, time perception, perceived influence, perceived social value, undergraduate degree

Abstrak

 

Jumlah angkatan kerja mengalami peningkatan menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) periode Februari 2021 sampai Agustus 2022, sehingga menyebabkan persaingan dalam dunia kerja semakin ketat. Hal tersebut dikarenakan terdapat paradigma di masyarakat yang menganggap menjadi pegawai memiliki keunggulan daripada memiliki usaha sendiri. Mengubah pola pikir tersebut memiliki tantangan tersendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi Startup Intention seperti time perception, perceived influence, dan perceived social value. Sampel yang digunakan sebanyak 200 orang terdiri dari mahasiswa IT & Engineering dan mahasiswa Non-IT & Non-Engineering di Universitas Brawijaya. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah kuesioner, disebarkan secara daring. Periode pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Februari sampai Maret tahun 2022. Setelah data terkumpul, dilakukan analisis data dengan metode statistik deskriptif dan dilakukan uji asumsi klasik yang mencakup uji multikolinearitas, normalitas, dan heteroskedastisitas menggunakan SPSS. Diketahui hasil dari uji asumsi klasik bahwa terdapat persyaratan yang tidak terpenuhi untuk metode parametrik sehingga analisis selanjutnya menggunakan metode non-parametrik. Hasil dari penyebaran kuesioner menunjukkan bahwa time perception, perceived social value, dan startup intention mendapatkan kategori tinggi. Perceived influence mendapatkan kategori sangat tinggi. Berdasarkan uji hipotesis, time perception dan perceived influence memiliki hubungan yang signifikan terhadap perceived social value, baik secara parsial maupun simultan. Perceived social value memiliki hubungan yang signifikan dengan keeratan hubungan yang cukup kuat terhadap startup intention.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-29

Cara Mengutip

Purnama, F. Y., Mursityo, Y. T., & Zulvarina, P. (2023). Analisis Faktor Time Perception, Perceived Influence, Dan Perceived Social Value Terhadap Startup Intention Pada Mahasiswa. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Dan Edukasi Sistem Informasi, 4(2), 75-84. https://doi.org/10.25126/justsi.v4i2.175

Terbitan

Bagian

Artikel