Evaluasi dan Perbaikan Atarmuka Pengguna pada Website Fullerton Markets Indonesia (FMINDO) Menggunakan Metode Human Centered Design

Penulis

  • Ayu Fahrunnisa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya
  • Retno Indah Rokhmawati Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya
  • Hanifah Muslimah Az-Zahra Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.25126/justsi.v1i1.4

Kata Kunci:

website, usability, human centered design, system usability scale

Abstrak

Fullerton Markets Indonesia (FMINDO) sebuah perusahaan yang menunjang sebuah informasi dan analisis finansial yang membantu pengguna di Indonesia dalam membaca navigasi pasar dunia. Berdasarkan hasil penelitian, pada bulan Oktober 2018 terjadi pemblokiran domain asli dari Fullerton Markets di Indonesia dan para pengunjung maupun pelanggan tidak bisa mengakses domain tersebut sehingga terjadi penurunan konversi di Indonesia. Dari sumber data Google Analytics, hasil menunjukkan bahwa terjadi penurunan pengguna sebanyak 40,47% dari keseluruhan pengguna dalam jangka 3 bulan sebelum domain diblokir. Dari permasalahan tersebut website FMINDO perlu untuk dilakukan perbaikan terhadap antarmuka pengguna nya. Metode yang digunakan adalah Human Centered Design (HCD) untuk mengevaluasi serta memperbaiki tampilan antarmuka pengguna website FMINDO berdasarkan pengguna maupun stakeholder. Tahapan pada HCD yaitu melakukan analisis konteks serta kebutuhan pengguna, menggunakan metode wawancara dan pengambilan data aktivitas pengguna. Hasil dari analisis ini adalah evaluasi awal desain dengan 6 responden yang diambil berdasarkan diskusi steering committee. Hasil perancangan dan desain solusi adalah kerangka dan purwarupa. Evaluasi desain solusi menggunakan pengujian usability yang dilihat dari 3 aspek yaitu aspek efisiensi, efektivitas, dan aspek satisfaction. Pengujian skenario tugas digunakan untuk melakukan evaluasi pada aspek efisiensi dan efektivitas. Sedangkan aspek kepuasan pengguna dilakukan dengan menggunakan System Usability Scale questionnaire. Hasil evaluasi desain solusi dengan aspek efisiensi mendapatkan waktu rata-rata sebesar 4,49 detik, sedangkan dengan aspek efektivitas persentase didapat sebesar 100% serta aspek kepuasan pengguna diperoleh dengan nilai rata-rata sebesar 72. Hasil evaluasi membuktikan bahwa penerapan metode HCD dengan website finansial seperti FMINDO berhasil memenuhi nilai usability dari 3 aspek yaitu aspek efisiensi, efektivitas, dan kepuasan pengguna.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-08-31

Cara Mengutip

Fahrunnisa, A., Rokhmawati, R. I., & Az-Zahra, H. M. (2020). Evaluasi dan Perbaikan Atarmuka Pengguna pada Website Fullerton Markets Indonesia (FMINDO) Menggunakan Metode Human Centered Design. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Dan Edukasi Sistem Informasi, 1(1). https://doi.org/10.25126/justsi.v1i1.4

Terbitan

Bagian

Artikel