Analisis Tingkat Penerimaan Penerapan Aplikasi Pemesanan Dine In Terintegrasi Pembayaran Digital (Studi Kasus : Resto & Cafe Omah Tepi Sawah)
DOI:
https://doi.org/10.25126/justsi.v4i1.159Abstrak
Resto & Cafe Omah Tepi Sawah adalah salah satu bisnis kuliner di Kabupaten Bojonegoro. Restoran ini memiliki permasalahan dalam pemesanan dine in dan pembayarannya, pelayan yang tidak kunjung datang untuk memberikan buku menu dan mencatat pesanan pelanggan karena keadaan restoran yang cukup ramai, serta antrian yang cukup panjang di kasir. Restoran berencana akan menerapkan aplikasi Interactive MyOrder QR Code yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan pelanggan terhadap aplikasi dan mengidentifikasi variabel-variabel yang berpengaruh untuk meningkatkan adopsi aplikasi oleh pelanggan. Pada penelitian ini menggunakan model UTAUT. Teknik pengambilan sampel non-probabilitas yang dipilih adalah purposive sampling. Peneliti ingin memilih sampel yang dapat memberikan informasi yang relevan dan spesifik. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan teknik SEM-PLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelanggan menerima penerapan aplikasi Interactive MyOrder QR Code dengan dibuktikan adanya variabel ekspektasi kinerja, pengaruh sosial, dan kondisi pendukung yang berpengaruh terhadap niat perilaku menggunakan sistem. Variabel kondisi pendukung memiliki kontribusi yang besar terhadap variabel niat perilaku untuk menggunakan sistem karena memiliki nilai t-statistic yang lebih besar daripada variabel lainnya. Variabel ekspektasi usaha tidak berpengaruh terhadap niat perilaku menggunakan sistem. Hasil ini disebabkan oleh karakteristik demografi responden yang didominasi oleh rentang usia 20-30 tahun, yang cenderung memiliki motivasi yang tinggi dalam menggunakan teknologi, tanpa terlalu memperhatikan usaha yang dibutuhkan. Pelanggan juga tidak mengharapkan bahwa aplikasi tersebut mudah digunakan, mereka akan tetap menggunakan aplikasi tersebut selama memberikan kinerja yang baik dalam pemesanan dine in dan pembayaran digital di Resto & Cafe Omah Tepi Sawah.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Miftakhul Fitria Nugraheni, Dian Eka Ratnawati, Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).