Evaluasi Dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Situs Web Berita Online Surabayapagi.Com Menggunakan Metode Webuse Dan Human Centered Design (HCD)

Penulis

  • Adhinda Dinar Lestari Universitas Brawijaya
  • Yusi Tyroni Mursityo
  • Buce Trias Hanggara

DOI:

https://doi.org/10.25126/justsi.v4i2.169

Abstrak

Surabaya Pagi merupakan media massa yang menyajikan pemberitaan dan memiliki media online berupa website bernama Surabayapagi.com. Situs web tersebut memiliki beberapa permasalahan terkait antarmuka pengguna diantaranya penataan halaman utama yang kurang baik, ukuran gambar tidak konsisten, warna judul kategori tidak konsisten, peletakan iklan mengganggu, fitur pencarian tidak nyaman digunakan karena berbentuk pop-up, beberapa berita pada halaman utama tidak terupdate serta adanya beberapa tautan tidak tersedia dan diarahkan ke halaman kosong. Penelitian ini bertujuan meningkatkan nilai usability situs web Surabayapagi.com menggunakan metode WEBUSE yang terdiri dari 4 kategori diantaranya Content, Organisation and Readability, Navigation and Links, User Interface Design dan Performance and Effectiveness. Dari hasil evaluasi menggunakan kuesioner WEBUSE tersebut, ditemukan 8 permasalahan terkait usability situs web Surabayapagi.com. Perbaikan antarmuka pengguna dilakukan dengan menerapkan pendekatan Human Centered Design (HCD) yang terdiri dari 4 tahapan meliputi menentukan konteks pengguna, spesifikasi kebutuhan pengguna, merancang desain solusi, dan mengevaluasi desain solusi. Hasil dari penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa dengan melakukan perbaikan antarmuka pengguna dari situs web Surabayapagi.com dapat meningkatkan nilai usability yang berarti pengguna merasa lebih nyaman menggunakan desain solusi. Evaluasi WEBUSE pada kategori Content, Organisation and Readability nilai usability mengalami peningkatan sebesar 0,07 poin. Kategori Navigation and Links nilai usability mengalami peningkatan sebesar 0,12 poin. Kategori User Interface Design nilai usability mengalami peningkatan sebesar 0,13 poin. Sedangkan kategori Performance and Effectiveness nilai usability mengalami peningkatan sebesar 0,11 poin.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-02

Cara Mengutip

Lestari, A. D., Mursityo, Y. T., & Hanggara, B. T. (2024). Evaluasi Dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Situs Web Berita Online Surabayapagi.Com Menggunakan Metode Webuse Dan Human Centered Design (HCD). Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Dan Edukasi Sistem Informasi, 4(2), 106-118. https://doi.org/10.25126/justsi.v4i2.169

Terbitan

Bagian

Artikel