Pengembangan Data Warehouse dan Online Analytical Processing (OLAP) untuk Data Artikel pada Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK)

Penulis

  • Bella Krisanda Easterita Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya
  • Issa Arwani Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya
  • Dian Eka Ratnawati Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.25126/justsi.v1i1.2

Kata Kunci:

data warehouse, Online Analytical Processing (OLAP), snowflake schema

Abstrak

Saat ini, Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) telah terakreditasi dengan peringkat 2. Dengan JTIIK yang telah terakreditasi, maka peminat peneliti untuk mengirimkan artikel ke JTIIK semakin tinggi. Namun, proses untuk menerbitkan suatu artikel memerlukan waktu lebih dari satu tahun. Agar proses penerbitan tidak memerlukan waktu yang terlalu lama, mulai pada tahun 2018 JTIIK menerbitkan jurnal sebanyak enam kali dimana penerbitan mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Dari peningkatan penerbitan ini, data yang disimpan juga akan semakin bertambah. Sebuah sistem diperlukan untuk mengelola data yang besar dari beberapa sumber dan melakukan analisis yang dapat menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Pada penelitian ini dilakukan pengembangan data warehouse dan Online Analytical Processing (OLAP) sebagai langkah penyelesaian untuk masalah dalam mengelola dan menganalisis banyaknya data dari beberapa sumber. Dalam penelitian ini dilakukan analisis sebagai tahapan pertama. Berdasarkan hasil analisis didapatkan 2 information package yaitu information package data artikel dan information package data penulis. Penelitian dilanjutkan dengan perancangan data warehouse dengan menggunakan snowflake schema yang menghasilkan 2 tabel fakta dan 4 tabel dimensi. Selanjutnya dilakukan implementasi ETL dan OLAP. Kemudian dilakukan 2 jenis pengujian. Hasil pengujian pertama yaitu validasi kebutuhan menunjukkan bahwa data warehouse yang dibangun telah sesuai dengan kebutuhan yang dirancang. Hasil pengujian kedua yaitu performansi proses ETL dari segi waktu menunjukkan bahwa hasil rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk eksekusi proses ETL adalah 14,5 detik.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-08-31

Cara Mengutip

Easterita, B. K., Arwani, I., & Ratnawati, D. E. (2020). Pengembangan Data Warehouse dan Online Analytical Processing (OLAP) untuk Data Artikel pada Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK). Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Dan Edukasi Sistem Informasi, 1(1). https://doi.org/10.25126/justsi.v1i1.2

Terbitan

Bagian

Artikel