Pengkategorian Fitur Sistem Informasi Akademik dengan Metode Wawancara dan Metode Kano (Studi Kasus : Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya

Penulis

  • Nila Rosyidah Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.25126/justsi.v2i1.39

Kata Kunci:

SIAM UB, wawancara, metode kano, thematic coding, kepuasan pengguna

Abstrak

Sistem Informasi Akademik Universitas Brawijaya (SIAM UB) digunakan untuk membantu mahasiswa dalam mengakses informasi akademik yang disediakan sebagai fasilitas dari Universitas Brawijaya. Pengguna yang berubah pada setiap saatnya maka kebutuhan dari penggunanya juga akan berubah. Penelitian dilakukan kepada mahasiswa fakultas ilmu komputer Universitas Brawijaya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan survei menggunakan metode kano. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengalaman baik dan pengalaman buruk yang sering dirasakan oleh penggunanya. Selain untuk menggali pengalaman pengguna, penelitian ini juga dilakukan untuk mengkategorikan fitur-fitur yang ada pada SIAM. Pengkategorian fitur tersebut nantinya dapat digunakan untuk perbaikan sistem dan mengetahui nilai tingkat kenaikan dan penurunan dari kepuasan pengguna pada setiap fitur. Hasil dari wawancara yang dilakukan kepada 13 responden akan dilakukan pengkategorian dengan menggunakan thematic coding. Hasil dari survei kano dilakukan kepada 98 responden dengan menggunakan rumus slovin. Menghasilkan dokumentasi berupa pengalaman baik dan buruk yang sering hingga jarang dirasakan responden. Pengkategorian fitur pada kategori yang ada di metode kano yaitu attractive, one dimensional, must be, indifferent, reverse dan questionable. Menghitung nilai better dan worse yang nantinya dihubungkan dengan kategori kano yang sudah dilakukan sebelumnya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-21

Cara Mengutip

Rosyidah, N. (2021). Pengkategorian Fitur Sistem Informasi Akademik dengan Metode Wawancara dan Metode Kano (Studi Kasus : Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Dan Edukasi Sistem Informasi, 2(1). https://doi.org/10.25126/justsi.v2i1.39

Terbitan

Bagian

Artikel