Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intention To Use Pada Aplikasi Tokopedia Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Termodifikasi

Penulis

  • Hasna Aulia Rahma Zudiah Universitas Brawijaya, Malang
  • Yusi Tyroni Mursityo Universitas Brawijaya, Malang
  • Dwi Cahya Astriya Nugraha Universitas Brawijaya, Malang

DOI:

https://doi.org/10.25126/justsi.v5i1.398

Kata Kunci:

Tam, technology acceptance model, regresi linier

Abstrak

Perkembangan teknologi digital dan internet telah merubah cara masyarakat menjalani kehidupan sehari-hari, termasuk dalam hal berbelanja. Fenomena e-commerce, atau perdagangan elektronik, mengalami pertumbuhan signifikan di Indonesia. Penelitian ini difokuskan pada Tokopedia, yang merupakan salah satu platform e-commerce di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat penggunaan (intention to use) pada aplikasi Tokopedia dengan menggunakan pendekatan Technology Accetance Model (TAM) termodifikasi. Variabel penelitian mencakup Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Computer Self Efficacy dan Trust, dengan intention to use sebagai variabel terikat. Penelitian ini melibatkan sebanyak 150 responden yang dipilih melalui penyebaran kuesioner dengan metode non-probability sampling dengan penerapan quota sampling. Kelompok mahasiswa, sebagai populasi penelitian dibagi menjadi lima kategori institusi pendidikan tinggi. Data yang terkumpul dari mahasiswa di Kota Malang kemudian diolah menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Temuan dari analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel Perceived Ease of Use, Computer Self Efficacy, dan Trust memiliki pengaruh terhadap intention to use, sementara Perceived Usefulness tidak memberikan pengaruh terhadap intention to use. Secara keseluruhan, kombinasi variabel-variabel tersebut bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 37,4% terhadap intention to use.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-29

Cara Mengutip

Zudiah, H. A. R., Tyroni Mursityo , Y., & Cahya Astriya Nugraha , D. (2024). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intention To Use Pada Aplikasi Tokopedia Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Termodifikasi. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Dan Edukasi Sistem Informasi, 5(1), 50-61. https://doi.org/10.25126/justsi.v5i1.398

Terbitan

Bagian

Artikel