Evaluasi Incident Management dan Event Management Pengelola Pusat Sistem Informasi, Infrastruktur TI, dan Kehumasan (PSIK) Pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya Menggunakan Framework ITIL
DOI:
https://doi.org/10.25126/justsi.v3i1.55Kata Kunci:
Tingkat Kematangan, Manajemen Layanan Teknologi Informasi, ITIL V3, service operation, incident management, event managementAbstrak
Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) merupakan salah satu fakultas di Universitas Brawijaya yang memanfaatkan penggunaan TI dalam menyediakan layanan yang berperan sebagai penunjang utama dalam menjalani proses bisnisnya. Pusat Sistem Informasi, Infrastruktur TI, dan Kehumasan (PSIK) adalah organisasi internal FILKOM yang berperan dalam mengkoordinasi data dan informasi di lingkungan fakultas. Terdapat beberapa layanan yang disediakan dan dikelola oleh PSIK seperti situs laman FILKOM dan FILKOM Apps. Kemudian terdapat beberapa permasalahan yang dialami oleh layanan PSIK seperti serangan hacker dan redundansi data serta belum adanya panduan yang jelas dalam menangani suatu insiden atau event yang terjadi. Maka dari itu, perlu dilakukan sebuah evaluasi tingkat kematangan untuk meningkatkan kualitas layanan TI. Penelitian yang dilakukan menggunakan kerangka kerja ITIL V3 dengan fokus pada proses Incident Management dan Event Management yang ada pada domain Service Operation. Hasil analisis berdasarkan perhitungan yang dilakukan terhadap kedua proses tersebut senilai 2 yang digolongkan pada level Repeatable yang memiliki makna bahwa beberapa aktivitas pada incident management dan event management telah dijalani tetapi masih belum terdapat aturan atau panduan yang baik sebagai acuan dalam menjalani aktivitas tersebut. Peneliti menyusun beberapa rekomendasi yang dapat digunakan oleh instansi untuk meningkatkan kualitas dari layanan TI yang disediakan. Rekomendasi yang diberikan oleh peneliti lebih menekankan pada uraian aktivitas yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efisiensi serta melakukan dokumentasi pada setiap prosesnya untuk mencapai nilai yang diharapkan oleh instansi.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Muhammad Irsad, Yusi Tyroni Mursityo, Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).