Desain Interaksi Sistem Rekrutmen Pendamping Mahasiswa Disabilitas
DOI:
https://doi.org/10.25126/justsi.v4i2.94Kata Kunci:
design thinking, goal-directed design, perancangan, pengujian usability, SEQ, situs web pendaftaranAbstrak
Pusat Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya (PLD UB) mengadakan rekrutmen pada tiap semester untuk mencari pendamping bagi mahasiswa disabilitas di Universitas Brawijaya. Persaingan untuk menjadi pendamping semakin tinggi, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa kandidat tersebut tidak cukup tepat bagi PLD UB agar dapat menjalankan kegiatannya. PLD UB menerapkan beberapa tes tertentu untuk menerima pendamping yang sesuai dengan kriteria karena pendamping harus cukup mampu dalam memahami setiap mahasiswa disabilitas yang akan didampinginya. Untuk mendapatkan pendamping yang sesuai dengan kriteria, maka PLD UB memerlukan sistem rekrutmen yang tepat untuk membantu menyeleksi pendamping. Oleh karena itu, PLD UB bermaksud untuk mengembangkan solusi digital untuk mempermudah dalam melakukan seleksi pendamping, Pada solusi digital tersebut, diperlukan desain interaksi yang baik antara sistem rekrutmen dan penggunanya. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan proses desain interaksi solusi digital menggunakan design thinking dan goal-directed design untuk memecahkan masalah dan menciptakan solusi yang inovatif dengan memahami pengguna serta kebutuhannya. Penelitian dimulai dengan melakukan penggalian data berupa wawancara dan observasi yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan analisis untuk menemukan solusi dari permasalahan yang ada. Solusi tersebut diimplementasikan pada sebuah prototipe berfidelitas tinggi dengan memanfaatkan aplikasi Figma. Hasil rancangan situs web tersebut diujikan kepada 5 responden dengan jumlah 14 tugas untuk setiap responden. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian usability dengan persentase tingkat keberhasilan penyelesaian tugas adalah 97%. Pada hasil SEQ didapatkan rata-rata nilai SEQ sebesar 6,1. Dari hasil wawancara dan observasi ditemukan 20 permasalahan. Permasalahan yang paling banyak ditemukan adalah terdapat tombol yang kurang terlihat dan penamaan menu dan sub-menu yang kurang familiar. Rekomendasi yang diberikan sesuai dengan permasalahan yang ditemukan dan usulan responden adalah 6 rekomendasi yang relevan.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nabilah Syarifa Zuhdi, Ismiarta Aknuranda, Ziadatul Hikmiah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
- Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).